Tingkatkan Kapasitas Dosen dengan Workshop Penelitian

Dibaca : 121 Pembaca

Lumajang- Dalam rangka meningkatkan kapasitas civitas dan seluruh stake holder internal, Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang mengadakan Bedah Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Workshop Penelitian, Ahad 4 Agustus 2019 yang lalu, di Ruang Rapat Kampus IAI Syarifuddin. Sebanyak 45 orang dosen ikut dalam kegiatan ini, bahkan Rektor IAI Syarifuddin juga turut mendukung kegiatan dari ruang akademik sekalipun mengalami kendala kesehatan.

Pelatihan ini diselenggarakan dengan dua agenda besar. Pertama bedah pedoman karya tulis untuk menyamakan persepsi para dosen sebagai pembimbing akademik mahasiswa, dan kedua workshop penelitian yang dihadiri oleh Dr. Mahrus, M.Ag Kasubdit Penelitian dan pengelolaan HKI Diktis Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Kegiatan bedah pedoman ini kami lakukan untuk menyamakan persepsi seluruh dosen sebagai pembimbing akademik, dan juga untuk membuat distingsi antara kampus ini dengan kampus lainnya. Alhamdulillah teman-teman antusias sekali, banyak masukan dan perbaikan berkelanjutan akan terus kami lakukan untuk mencapai tujuan ideal,” tutur Sayyidi, Ketua LP3M IAI Syarifuddin Lumajang.

“Untuk workshop penelitian yang dihadiri Pak Kasubdit, saya rasa itu strategis karena informasi detail mengenai kebijakan terkini di lingkungan Kementerian Agama dapat tersampaikan dengan gamblang," imbuhnya.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Dr. H. Muhammad Masyhuri, M.A bahkan berharap kegiatan-kegiatan serupa terus dilakukan untuk mempercepat tahapan capaian milestone IAI Syarifuddin. “Kami berharap ini terus dilakukan. Milestone kita adalah menjadikan kampus ini sebagai rujukan, dan kegiatan ini adalah salah satu tahapannya,” ujarnya.

Dosen-dosen yang hadir juga terlihat antusias mengikuti sesi demi sesi, terutama sesi workshop penelitian. Hal tersebut terjadi karena pemateri dalam workshop ini adalah kasubdit yang bersinggungan langsung dengan seluruh regulasi dan kebijakan-kebijakan penelitian di lingkungan Kementerian Agama RI.

“Setidaknya, setiap dosen harus familiar dengan tiga portal yakni, Litapdimas, Morabase dan Moraref. Karena melalui tiga akun ini, seluruh teman-teman di civitas ini akan diberi ruang untuk berinteraksi dengan kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah,” paparnya

Diakhir acara, nara sumber sempat meminta dosen untuk melakukan registrasi langsung. Hasilnya, beberapa dosen berhasil melakukan registrasi saat itu juga, dan kejadian itu diapresiasi oleh pemateri. _One

Berita Terkait

Visitasi Akreditasi Program Studi PAI IAI Syarifuddin Lumajang
Fak. Dakwah Lakukan Evaluasi dan Persiapan Akreditasi
Institut Agama Islam Syarifuddin Raih Akreditasi B
Puluhan Siswa SMAN Tempeh Kunjungi IAI Syarifuddin
Menteri Ristekdikti Serahkan SK Pendirian Akademi Komunitas Teknologi Syarifuddin
Siapkan Visitasi, Civitas IAI Syarifuddin Gelar Konsolidasi
Aksi Partisipatif KKN PAR, dari Penemuan Sumber Air, Pendirian TPQ, SMK Hingga Pengalihan Varietas
Rektor Apresiasi Hasil KKN PAR IAI Syarifuddin
Warek Tiga: IAI Syarifuddin Tegaskan Berbasis Pesantren
IAI Syarifuddin Akan Naikkan Gaji Dosen