LPM : IAI Syarifuddin Kampus Islam Terbesar di LumajangIslami dan Unggul
LPM : IAI Syarifuddin Kampus Islam Terbesar di Lumajang

Keterangan Gambar : Ketua LPM IAI Syarifuddin Lumajang, Sayyidi, M.Pd.I


Lumajang - Institut Agama Islam (IAI) Syarifuddin Lumajang di Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Kyai Syarifuddin banyak masyarakat mengangga sebagai kampus islam terbesar bebasi pesantren di Kota Pisang. Anggapan ini diamini oleh Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM), Sayyidi M.Pd.I.


"Saya kira itu, kalau di Lumajang itu sangat layak," kata mantan Kaprodi Pendidikan Agama Islam (PAI) itu, Rabu (09/02/20221).


Masih kata dia,pertama bahwa IAI Syarifuddin ini dalam alih statusnya itu sangat singkat sekali. Mulai dari STIT hanya butuh 5 tahun berubah menjadi SAIS. "4 tahun kemudian langsung berubah menjadi Institut," ungkapnya.


Kini IAI Syarifuddin memiliki 3 Fakultas dengan 7 Program Studi dan ditambah dengan Akademi komunitas Teknologi Syarifuddin, dengan D2 Adminitrasi Perkantoran. Dalam menunjang Akademis Dosen dan Mahasiswa, ada 14 Jurnal Ilmiah dengan Sinta 2 dan Sinta 4.

Untuk lulusan, ALumni Syarifuddin tersebar sebagai pegawai pemerintahan, Swasta. Baik jadi pegawai dan pengusaha sesuai dengan bidang ke ilmuannya.


"Di sini kalau kita melihat perkembangannya sangat cepat sekali," jelasnya.


Sebentar lagi, IAI SYarifuddin akan memiliki Program Pasca Sarjana (S2). Pihak Kemenang sudah melakukan visitasi, masih saat ini masih dalam proses tahap verifikasi dari BAN-PT.


"Jadi kita tunggu saja untuk paska Insya Allah mudah-mudahan segera turun sk-nya sehingga iaisyarifuddin ke depan ini sudah berubah menjadi University atau UIS, Universitas Islam Syarifudin," pungkasnya. (har)