Gelombang I; 132 Mahasiiswa Fakultas Tarbiyah Ujian Konprehensip
Gelombang I; 132 Mahasiiswa Fakultas Tarbiyah Ujian Konprehensip

Fakultas tarbiyah melaksanakan ujian komprehensif sebanyak 132 mahasiswa dari 2 program studi (10/01/2022).  Dua Program Studi tersebut adalah program studi S1 Pendidikan Agama Islam dan S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Ujian komprehensip merupakan ujian pra syarat kegiatan akademik sebelum mahasiswa mengambil tugas akhir.

Menurut Dr. Samsul Arifin, S.Pd.I, MA selaku ketua program studi S1 Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Syarifuddin menuturnya ujian ini meliputi ujian kompetensi keprogramstudian. Untuk materi yang diujikan meliputi uji kompentensi Baca kitab, keagamaan dan ilmu kependidikan. mahasiswa yang lulus di kompentensi ini dijadikan bentuk luaran dari capaian perkuliahan dari lulusan dari kedua program studi selama kuliah dari semester 1 s.d semester 6.

Dari 132 mahasiswa ini dibagi  7 kelompok di masing-masing kriteria.  Sementara penguji diprioritaskan bagi dosen tetap IAI Syarifuddin yang linier dengan kompetensi yang diujikannya. menurut Dr. Syuhud, M.Pd.I, dari 132 ini diharap bisa lulus 100 persen kalaupun ada yang belum dinyatakan lulus nanti akan diberikan kesempatan di gelombang II. unggap doktor Manajemen Pendidikan ini.

untuk syarat mengikuti ujian komprehensip ini adalah lulus semua matakuliah yang diampu selama semester 1 s.d 7. termasuk telah lulus di KKN IAI Syarifuddin. tambah Doktor lulusan UIN Khas Jember tersebut.